Tak Bisa Mudik? Kamu Bisa Lakukan Kegiatan Ini

Dibawa enjoy aja, semua akan indah pada waktunya.

Tak Bisa Mudik? Kamu Bisa Lakukan Kegiatan Inipexels.com

Line IDN Times

Menjadi kaum rantau memang tidaklah mudah, apalagi kalau kamu seorang diri, tanpa ada saudara di tanah perantauan. Banyak cobaan dan kendala yang pasti selalu menghampiri mahasiswa rantau, mulai dari uang jajan yang sudah habis, bayaran kontrakan atau mungkin ada hal lainnya yang bisa membuat kamu menjadi galau.

Ada satu momen yang akan membuat kamu menjadi galau, yaitu pada saat Lebaran tiba. Di saat yang lain berkumpul dengan sanak saudara, kamu malah diam sendiri tidak bersama keluarga. Banyak faktor yang membuatmu memutuskan tak mudik saat Lebaran. Tenang, tak perlu risau. Kamu bisa melakukan beberapa hal positif ini meski gak bisa kumpul bersama keluarga saat momen spesial Lebaran.

1. Manfaatkan waktu libur dengan hobi kamu.

pixabay.com

Jika hanya tidur seharian di kontrakan sambil dengerin musik, itu akan membuat kamu semakin galau. Apalagi musiknya galau, lengkap sudah kegundahanmu. Lebih baik kamu gunakan waktu libur kamu dengan hal yang lebih bermanfaat seperti sepak bola, main tenis, atau mungkin hobi lain yang kamu sukai.

2. Menikmati jalan kota yang lenggang.

tempo.co

Jika hari-hari biasa kamu tidak bisa menikmati suasana kota karena macet dengan kendaraan dan pedagang kaki lima yang ada di mana-mana, maka Lebaran adalah momen yang tepat untuk menikmati suasana kota yang lenggang. Karena hampir semua warga kota akan mudik ke kampung halaman.

3. Kunjungi saja rumah temanmu, siapa tau bisa dapet ketupat sayur.

blueband.co.id

Jika kamu mempunyai teman di tempat rantau, kamu bisa main ke rumahnya. Selain silaturahim, kamu juga bisa mendapatkan hidangan lebaran gratis dari mulai opor sampai ketupat. Apalgi kalau kamu sedang bokek, ini bisa menjadi tips yang sangat bagus daripada harus ke restoran junkfood karena banyak warung yang tutup.

Baca juga: 10 Benda Wajib Saat Mudik, Kamu Gak Mungkin Mati Gaya!

4. Silaturahim saja ke rumah ibu kost dan keluarganya.

indosat.com

Bertemu dengan ibu kost jangan saat ditagih uang kost pada saat akhir bulan saja. Tapi kamu juga harus silaturahim ke rumahnya supaya kamu semakin dekat dan kamu bisa mendapatkan keluarga baru di tempat rantau kamu. Hidangan gratis pun jadi bonus silaturahim deh.

5. Video call dengan keluarga bisa mengurangi kesedihan.

pixabay.com

Jaman sekarang itu tidak usah galau jika jarak berjauhan karena teknologi sudah canggih. Kamu bisa telepon, bahkan video call dengan keluarga atau mungkin pacar kamu yang ada di kampung halaman. jika sudah menghubungi mereka,rasa kangen kamu akan sedikit terobati.

Baca juga: 6 Kado Lebaran untuk Orang Tua Tercinta

Tulis artikel seputar Ramadan, Puasa dan Idul Fitri. Dapatkan gratis 100 poin!

sandinugraha

Cari tahu supaya banyak ilmu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More
ARTIKEL REKOMENDASI