17 Fakta Korea Selatan yang Bikin Kamu Geleng-geleng Kepala

Hati-hati ya kalau melakukan nomor 8!

17 Fakta Korea Selatan yang Bikin Kamu Geleng-geleng Kepalaflickr.com/koreanet

Line IDN Times

Korea Selatan adalah negara yang indah dan kaya akan budaya. Budaya zaman kuno pun tetap hidup berdampingan dengan teknologi yang maju. Penduduknya memang menyukai gaya hidup barat, namun kebiasaan-kebiasaan tradisionalnya tak pernah ditinggalkan. Hal ini lah yang terkadang membuat orang luar susah memahaminya.

1. Operasi plastik sangat populer.

Menurut survei sosiologis, satu dari lima wanita di Korea Selatan telah menjalani operasi plastik. Ya, operasi plastik sudah dianggap biasa di Korea Selatan. Terkadang orangtua sering membiayai anaknya sebagai hadiah kelulusan. Operasi yang paling populer adalah memutihkan kulit, menghilangkan tanda lahir dan mengubah bentuk mata. Tak hanya wanita, pria juga kerap kali melakukan operasi ini.

2. Perawatan gigi sangatlah mahal.

Orang Korea Selatan memang sangat teliti jika berhubungan dengan kebersihan gigi. Mereka membersihkan giginya setiap habis makan dan juga setelah minum kopi. Bahkan mereka juga selalu membawa sikat gigi di tas mereka. Di beberapa toilet juga menyediakan sikat gigi gratis jika kamu lupa membawanya.

3. Orang-orang Korea Selatan memiliki penglihatan yang buruk.

Banyak orang Korea Selatan yang memiliki penglihatan yang buruk dan memakai kacamata, bahkan usia muda sekalipun. Hal ini sering menimbulkan kesan bahwa mereka memang terlahir dengan penglihatan yang buruk. Buruknya penglihatan mereka dikarenakan faktor banyak belajar dan sering menatap layar gadget mereka. Namun, hal ini gak menjadi penghalang bagi mereka untuk mencapai banyak hal.

4. Hanya beberapa dari mereka yang telah mencoba daging anjing.

Isu bahwa orang Korea adalah pemakan daging anjing gak sepenuhnya benar. Hanya sebagian dari mereka yang telah mencicipi daging ini. Saat ini pun ada gerakan yang menolak untuk makan hidangan anjing. Para generasi muda juga telah menganggap anjing sebagai teman mereka.

5. Orang Korea Selatan sangat tergila-gila dengan makanan.

Jika kamu pergi ke Korea Selatan, kamu akan dengan mudah menemukan restoran, kafe atau pun bar di sepanjang jalan. Saat bertemu dengan orang Korea Selatan, mereka akan menanyakan apakah kamu sudah makan daripada hanya sekedar menanyakan kabarmu. Hidangan yang paling penting bagi mereka adalah kimchi, makanan tradisional yang terdiri dari sayuran yang telah dibumbui dan diawetkan.

6. Bersentuhan fisik sesama jenis merupakan hal yang wajar.

Di kebanyakan negara, dua pria yang berpegangan tangan atau bersentuhan fisik lainnya pasti dipandang bahwa mereka sedang menjalin hubungan. Tapi tidak di Korea Selatan.

7. Jangan coba-coba menulis dengan tinta merah di sini!

Ada kepercayaan bahwa jika kamu menulis nama seseorang dengan tinta merah, orang tersebut akan mengalami masalah serius dalam waktu dekat. Atau bahkan mereka akan mati. Beberapa orang percaya bahwa tinta merah dapat mengusir setan dan melindungi orang mati, tapi jangan pernah gunakan tinta merah untuk kerja atau kehidupan sehari-hari lainnya.

8. Mereka sangat memperhatikan gesture.

Untuk mengungkapan rasa hormat, cukup dengan berjabat tangan bukan? Namun hal ini dinilai kurang oleh orang Korea Selatan. Beberapa tahun yang lalu, Bill Gates sempat menuai kontra sangat mengunjungi negara ini. Ketika bertemu dengan sang presiden, Bill Gates berjabat tangan dengan menyimpan satu tangannya di saku. Di Korea Selatan, hal ini dinilai sebagai rasa ketidakpedulian terhadap lawan bicaranya.

9. Rok mini adalah tren fashion yang sangat hits di Korea Selatan.

Rok mini tak pernah pudar dari dunia fashion Korea Selatan. Pakaian ini dianggap biasa bahkan bagi wanita bisnis sekalipun.

Baca Juga: 8 Prinsip Hidup Orang Korea Selatan yang Bikin Maju Pesat

10. Semua orang menggunakan kosmetik.

Wanita Korea Selatan selalu merawat kulit dan rambut mereka dengan sangat baik. Daripada harus pergi ke salon tiap hari, mereka lebih memilih menggunakan sejumlah produk kosmetik. Mereka juga hampir tidak pernah keluar rumah tanpa makeup. Mereka memang benar-benar menjaga penampilan mereka. Oleh karean itu kosmetik Korea sangatlah populer di seluruh dunia.

11. Orang Korea Selatan sangat suka minum.

Bagi mereka, minum sudah menjadi sebuah ikatan. Setiap orang Korea Selatan pasti tahu banyak mengenai minuman dan bagaimana cara memainkannya. Mereka bisa mabuk dengan cepat tanpa harus menimbulkan kekacauan. Minuman yang paling populer adalah soju. Soju ini merupakan vodka berbasis gandum atau kentang tradisional yang disajikan dalam botol hijau.

12. Semua orang menggunakan gadget.

Semua orang di sini memiliki berbagai gadget, mulai dari ponsel hingga laptop. Termasuk anak-anak dan tuna wisma. Kamu juga gak perlu khawatir soal internet, karena kamu bisa menemukan wi-fi gratis praktis dimana-mana.

13. Cybersport merupakan permainan yang diakui secara resmi di Korea Selatan.

Korea Selatan adalah tempat lahirnya cybersport. Pada awal tahun 2000an, kemunculan game Starcraft telah mengunah sebuah permainan menjadi ajang yang kompetitif. Para pemain game ini pun bisa menjadi layaknya seorang bintang yang memiliki ribuan penggemar. Stadion dengan layar besar kerap kali digunakan untuk permainan berskala besar.

14. Di Korea Selatan hanya memakai Internet Explorer lho!

Ya, bukan hanya sebagian orang saja yang menggunakan Internet Explorer tapi semua orang. Mereka tidak tertarik dengan browser lainnya, bahkan ada yang tidak tahu. Situs Korea Selatan memang dirancang hanya untuk Internet Explorer, jika kamu menggunakan browser yang berbeda pasti tidak akan berfungsi dengan benar. Mereka juga memiliki mesin pencari sendiri seperti Google yaitu www.naver.com.

15. Belajar sangat keras.

Tahu gak, kalau mereka belajar sejak dini hari sampai larut malam lho! Meskipun hari Minggu, mereka juga menghabiskan waktu mereka untuk mengikuti kursus. Para pengajar dianggap menjadi salah satu profesi paling bergengsi. Seorang guru biasa menghasilkan sekitar $2.500 per bulan, bahkan jika mereka bekerja di institusi pendidikan tinggi atau sekolah swasta, mereka bisa menghasilkan jutaan dolar setahun.

16. Memiliki wajib militer.

Secara hukum, setiap orang wajib melakukan 21 bulan pelatihan militer pada usia 28 tahun. Hukum ini telah diobservasi oleh semua lapisan masyarakat. Jika kamu gak ingin mengikuti pelatihan ini, kamu hanya perlu mendapatkan prestasi dari bidang olah raga yang mewakili negara.

17. Benderanya memiliki makna simbolik yang sangat dalam.

Latar belakang putih melambangkan warna nasional Korea Selatan. Warna putih melambangkan kedamaian dan kemurnian. Lingkaran di tengah berasal dari filosofi yin dan yang yang melambangkan keseimbangan alam semesta. Bagian biru melambangkan kekuatan kosmik negatif, dan bagian merah melambangkan lawan kekuatan kosmik yang positif. Trigram bersama-sama melambangkan prinsip gerakan dan harmonis. Setiap trigram melambangkan salah satu dari empat elemen klasik (angin, api, air, bumi).

Baca Juga: 11 Kenyataan Ini Bukti Kehidupan di Korea Selatan Tak Seindah di K-Drama!

Read More
Line IDN Times
ARTIKEL REKOMENDASI