#InspirasiRamadan

Untung Hingga Ratusan Juta Rupiah Bukan Mimpi Lagi Kalau Kamu Jualan 7 Makanan Ini kompasiana.com

Untung Hingga Ratusan Juta Rupiah Bukan Mimpi Lagi Kalau Kamu Jualan 7 Makanan Ini

Perusahaan mana yang gaji karyawannya sebesar itu?

Memiliki gelar sebagai seorang pengusaha terdengar makin “seksi” sekarang ini. Tiap orang rasanya ingin membangun bisnis yang sesuai passion dan tentunya mendatangkan keuntungan besar. Salah satu bidang usaha yang dipercaya dapat membawa profit selangit adalah bisnis kuliner. Kabarnya ada beberapa usaha makanan yang jika ditekuni membuatmu bisa meraup untung hingga ratusan juta tiap bulannya. Apa saja itu?

1. Warteg

Meski terlihat sederhana ternyata bisnis warteg mampu mendatangkan untung besar. Di Jakarta tepatnya di daerah Tebet ada sebuah warteg terkenal yang mampu meraup keuntungan hingga 10 juta rupiah per bulannya. Warteg tersebut sudah berdiri sejak tahun 1971 dan sekarang ini mampu melayani 500 pembeli per hari. Menurut pemilik warung tegal itu, kunci keberhasilan warung tegal adalah rasa dan kegigihan. Usahakan menyediakan makanan yang memang enak di lidah dan tentunya harus bersabar ketika awal berdagang karena pasti ada masa jatuh bangun yang dialami.

2. Mie ayam

Tidak ada yang istimewa rasanya dari ide berdagang mie ayam sampai akhirnya IDNtimes menemukan fakta kalau salah satu penjual mie di Yogyakarta mampu menjual 700 porsi dagangannya dalam sehari. Mie legendaris itu bernama Mie Ayam Tumini. Terletak di Jalan Imogiri, Mie Ayam Tumini telah sukses menjadi primadona di antara penjaja makanan sejenis. Dalam wawancaranya dengan Kompas.com, pihak penjual tidak menyebutkan besaran keuntungan tiap bulan yang didapat. Tapi kalau dalam sehari saja bisa jual 700 porsi, terbayang dong profit per bulannya berapa?

3. Masakan Padang

Indonesia itu identik dengan masakan Padang, setuju gak? Dengan mudah kita bisa menemukan warung Padang di sekitar rumah, kantor, atau sekolah. Banyaknya orang menjual masakan khas Minang ini tentu bukan tanpa alasan. Membuka warung Padang kabarnya bisa membuat pundi-pundi pedagangnya terisi penuh. Rata-rata omzet harian warung Padang yang beroperasi di Melawai dan Senayan mencapai 7 juta per hari, mantapkan?

Karenanya kalau kamu ingin mendapatkan keuntungan serupa, ide berdagang masakan Padang bisa jadi pilihan. Nah kalau ingin mencoba memasak masakan Padang cobain deh bikin rendang. Kenapa harus coba rendang? Karena makanan khas Minang ini difavoritkan oleh banyak orang. Untuk bisa membuat rendang yang “Padang banget” pakai saja Royco Bumbu Rendang.

Dengan Royco Bumbu Rendang, siapa pun bisa membuat rendang otentik Padang setiap saat karena super praktis, dibanding harus membuat bumbu rendang secara tradisional yang pastinya akan memakan waktu lama. Jadi lebih efisien deh! Untuk memasarkan rendang buatanmu, manfaatkan saja kanal media sosial yang sekarang memudahkan orang untuk menjual barang dagangan secara online.

4. Bakso

Usaha makanan lainnya yang juga menggoda untuk dijual adalah bakso. Makanan yang bisa dengan mudah kita temui di kaki lima ini ternyata membuat penjualnya bisa mendapat untung besar. Salah satu pedagang bakso paling sukses bernama Tri Setyo Budiman. Kabarnya pengusaha kuliner bakso ini bisa meraup profit hingga puluhan miliar rumah dari berbagai gerai bakso dagangannya. Alumnus ITB ini dulunya adalah karyawan biasa yang memutuskan berdagang bakso. Berkat kegigihan dan kemahirannya membuat bakso, Tri Setyo berhasil menjadi pebisnis makanan paling sukses di Indonesia.

5. Sate

Siapa sih yang menyangka kalau usaha sate bikin penjualnya kaya raya? Ya anggapan tersebut bukan cuma jempolan belaka semata. Seorang pedagang sate bernama Junaidi, pemiliki Sate Teto tiap bulannya mampu mendapatkan untung hingga 300 juta tiap bulannya. Padahal modal awal bisnis ini hanya 30.000 rupiah saja. Namun karena kemauan kerja keras dan keahlian membuat sate yang diperoleh dari ayahnya, Junaidi mampu membesarkan bisnis sate tersebut.

6. Warung mie instan

Di tangan pemilik Warung Abang-Adek, makanan mie instan “disulap” jadi dagangan yang super menguntungkan. Mereka bisa mendapat profit hingga puluhan juta rupiah per bulannya. Warung yang terkenal dengan cita rasa pedasnya ini membuat orang mau mengantre demi menikmati semangkuk mie instan yang dijual di sana.

7. Bubur ayam

Makanan yang biasanya dikonsumsi orang tiap pagi ini juga bisa kamu lirik sebagai usaha makanan dengan untung menjanjikan. Alasannya seorang pedagang bubur bernama Muhammad Suci Mardiko bisa mengantongi hingga 100 juta per bulan setelah mengembangkan usaha bubur gerobak miliknya. Dirintis sejak tahun 2006, sekarang ini usaha Suci Mardiko sudah memiliki gerai bubur sebanyak 70 buah dan tersebar hampir di seluruh Indonesia.

Selain menemukan jenis makanan yang tepat untuk dijual, kunci lainnya supaya bisnis kulinermu sukses adalah menjaga kualitas rasa. Dengan rasa yang terjangka, dijamin pelanggan pasti akan datang lagi dan lagi.

Semoga ulasan di atas berguna untukmu yang berniat buka bisnis makanan ya. Ganbatte!


Bagaimana perasaanmu setelah membaca artikel ini?

  • Vote Vote
    Senang 10%
  • Vote Vote
    Sedih 3%
  • Vote Vote
    Terhibur 10%
  • Vote Vote
    Marah 3%
  • Vote Vote
    Kaget 10%
  • Vote Vote
    Terinspirasi 62%

ARTIKEL TERKINI

About IDNtimes