Bedanya Orang Pelit dan Irit, Kamu Termasuk Mana?

Irit bukan berarti pelit...

Bedanya Orang Pelit dan Irit, Kamu Termasuk Mana? hometimes.co.za

Line IDN Times

Pelit merupakan satu bentuk kepribadian yang tidak disukai oleh banyak orang. Percaya atau tidak, orang pelit sangat sulit memiliki teman apalagi teman akrab. Hal ini karena mereka cenderung mengambil keuntungan dari orang lain, sementara mereka sendiri enggan dirugikan.

Tapi kadangkala kita sering melabeli seseorang dengan predikat pelit padahal mungkin ia hanya sedang berhemat. Nah, maka dari itu, ada baiknya untuk mengenali perbedaan orang pelit dan orang irit agar kita tidak salah mengartikan. Seperti apa ciri-cirinya? Simak berikut ini.

Orang pelit enggan memberi, sedangkan orang irit memberi sesuai dengan kondisi dan kebutuhan

Orang pelit tidak suka memberi. Kalaupun memberi, maka mereka akan selalu mengungkit setiap pemberinnya kepada orang yang ia berikan. Berbeda dari orang irit yang tetap memberi walau dalam jumlah sedikit. Hal itu dilakukan tentu karena ada alasan lain, misalnya masih ada orang lain yang juga membutuhkan.

Orang pelit hanya membeli barang ketika ada sale, sedangkan orang irit hanya membeli barang yang dibutuhkan

Barang diskon memang menjadi daya tarik tersendiri bagi pembeli untuk memenuhi kebutuhannya. Tapi jika hanya ingin membeli barang diskon saja sementara menolak barang yang tidak diskon namun dibutuhkan, maka kemungkinan itu adalah sifat pelit. Lain halnya dengan orang irit yang selalu membeli barang sesuai keperluan. Ada diskon atau tidak, orang irit akan tetap membelinya kalau itu memang dperlukan.

Orang pelit sering merasa tidak tenang, sedangkan orang irit merasakan hidup yang lebih tenang

Orang pelit kerap merasa hidupnya tidak tenang karena adanya ketakutan bahwa suatu saat hartanya akan habis. Sementara itu, orang irit merasakan hidup yang lebih tenang karena tidak adanya kekhawatiran mengenai harta benda. Hal itu karena mereka tidak menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak perlu.

Orang pelit enggan mengeluarkan uang, sedangkan orang irit lebih memilih menanggung biaya bersama

Ketika hendak makan bersama, orang pelit lebih memilih untuk tidak mengeluarkan uangnya daripada harus menanggung biaya bersama. Beda halnya dengan orang irit yang lebih memilih menanggung biaya bersama agar biayanya lebih murah.

Orang pelit malas memberi tip, sedangkan orang irit memberi tip sesuai kualitas layanan

Ada kalanya kita menggunakan jasa layanan, misalnya layanan kamar hotel. Orang yang pelit tentu tidak mau kehilangan uang hanya karena seseorang pelayan hotel datang ke kamarnya. Sementara orang irit akan memberi tip pada pelayan tersebut sesuai kinerjanya. Jika ia tidak memberinya maka bisa jadi karena kinerja pelayan tersebut memang kurang memuaskan.

Orang pelit mengutamakan harga termurah, sementara orang irit mengutamakan kualitas

Orang pelit biasanya lebih memilih barang dengan harga murah meski tidak dibarengi dengan kualitas yang baik. Mereka tidak rela jika harus mengeluarkan banyak uang untuk membeli sesuatu. Berbeda dengan orang irit yang rela mengeluarkan uang lebih demi mendapatkan barang, dengan kualitas yang lebih baik asalkan sesuai kebutuhan.

Orang pelit selalu perhitungan dari awal sampai akhir, sedangkan orang irit hanya memperhitungkan di awal saja

Orang pelit dan irit memang sama-sama perhitungan. Bedanya, orang irit selalu perhitungan dengan setiap pemberiannya mulai dari awal sampai akhir. Lain halnya dengan orang irit yang selalu memperhitungkan secara matang sebelum memberikan sesuatu pada orang lain. Namun setelah itu, ia tidak akan pernah mengungkitnya lagi.

Orang pelit menabung semua uangnyam sedangkan orang irit menyisihkan sebagian uangnya

Menabung memang penting tapi menabung seluruh uang hanya akan menyiksa diri. Orang pelit akan menabung seluruh uangnya dan enggan menggunakannya untuk bersenang-senang. Sementara itu, orang irit juga tetap menabung uangnya tapi sebagian lainnya disisihkan agar bisa digunakan untuk bersenang-senang. Karena sejatinya apalah gunanya uang banyak jika hanya disimpan dan tidak dinikmati.

Rawi Muin

Seseorang yang senang melihat dunia melalui kata-kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More
ARTIKEL REKOMENDASI