11 Cara Ampuh Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa, Kamu Wajib Menerapkannya!

Meski puasa, napas harus tetap segar yaa

11 Cara Ampuh Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa, Kamu Wajib Menerapkannya!keralamediacity.com

Line IDN Times

Saat berpuasa, mulut memang cenderung kering karena kamu tidak mengonsumsi air. Kekeringan mulut tersebut menyebabkan bau tidak sedap. Tentu saja, saat kamu beraktivitas di luar, apalagi kalau pekerjaanmu menuntut untuk bertemu banyak orang, kamu tak akan percaya diri jika bau mulut.

Tapi tenang. Untuk menghindari bau mulut pada saat berpuasa, IDNtimes punya tips-tipsnya, lho. Apa saja? Ini tipsnya!

1. Agar tidak bau mulut, minum air yang banyak saat buka dan sahur berpuasa.

Siapa sangka, air putih yang menyehatkan ternyata juga sanggup untuk meningkatkan produksi air liur di dalam mulut kita? Lancarnya produksi air liur pun bisa membantu mulut agar tetap bersih sepanjang hari.

2. Agar bau mulut hilang saat puasa, kamu juga bisa konsumsi teh hijau pahit lho.

2-554ee636bc31afbf4dd6bab930ba1912.jpgblog.thegreenteahouse.com

Tentu saja, pahit artinya tanpa gula, ya. Harus teh hijau karena hanya teh hijau yang mengandung zat polyphenol. Zat ini bisa membantu pembersihan bakteri di area saluran nafas. Bagi para perokok, teh hijau juga bisa mengurangi gangguan pernafasan.

3. Agar bau mulut saat puasa tak terjadi lagi, kamu bisa coba konsultasi ke dokter gigi untuk membersihkan karang gigi dan lain-lain.

Salah satu penyebab timbulnya bau mulut adalah karang gigi serta keadaan mulut yang tidak bersih. Jangan lupa untuk berkunjung ke dokter gigi untuk tetap merawat kebersihan dan keindahan mulut kamu ya.

4. Jangan pernah malas untuk sikat gigi secara rutin, minimal dua kali sehari. Dengan begitu, bau mulut gak lagi bikin malu.

Puasa bukan berarti kamu tak boleh sikat gigi, lho! Sikat gigi tetap boleh dilakukan kok, asal airnya jangan ditelan saja ya, hehehe.

5. Gak cuma sikat gigi saja, jangan lupa membersihkan lidahmu juga ya.

5-240e665a82c05ad396813cf4da87d443.jpgsurprisepd.com

Siapa sangka, sisa-sisa kotoran yang terdapat di lidah justru bisa membuat mulut beraroma tak sedap dibandingkan sisa kotoran yang menempel di gigi. Jadi sikat gigi saja tidak cukup, lanjutkan dengan membersihkan lidah, ya.

Baca Juga : Kenapa Sih Kurma Cuma Terkenal Pas Bulan Puasa Aja?

6. Menggunakan obat kumur non-alkohol juga ampuh membersihkan mulutmu dari bau tak sedap.

6-74157af72a3a8d51e11370301fc4cca9.jpgmajalah-holiday.com

Setelah menggosok gigi, jangan lupa untuk berkumur dengan obat kumur. Fungsinya untuk membersihkan keseluruhan area mulutmu, bahkan yang tersembunyi sekalipun. Bakteri langsung mati semua, deh!

7. Kamu juga bisa manfaatkan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan.

7-a82ab0dacb55e242a2581733eb31bbf3.jpgwww.gatesheaddental.com

Benang gigi atau dental floss ini memang berfungsi untuk mengeluar sisa-sisa makanan kecil yang terjepit di sela-sela gigi. Biasanya, makanan terselip ini bisa membusuk dan akibatnya mulut pun beraroma tak sedap.

8. Olahraga secara rutin juga bisa untuk mengeluarkan racun penyebab bau mulut. Jadi, jangan malas olahraga ya!

8-dc7265a9cbd6de2785188a50ec8f795c.jpgwatchfit.com

Saat kita berolahraga, kita juga mengeluarkan zat racun, termasuk di dalamnya adalah zat yang dapat menyebabkan bau mulut. Jadi meskipun sedang berpuasa, jangan melupakan olahraga, ya!

9. Hindari makanan beraroma tak sedap seperti jengkol. Plis, tahan dulu deh selama bulan puasa ini.

9-8623e56c43eaa0f198c1c83f60d776ae.jpgyukez.wordpress.com

Jika saat sahur kamu mengkonsumsi jengkol, pete, atau makanan lain yang berbaru kurang sedap, tentu akan berpengaruh ke aroma mulutmu. Tahanlah keinginanmu untuk mengkonsumsi makanan-makanan ini, ya.

10. Hindari pula makanan yang lengket di gigi seperti coklat. Kamu mau gak mau bau mulutmu bikin orang illfeel?

Namanya saja makanan lengket, tentu berpotensi untuk terus menempel di gigi dalam jangka waktu lama, mungkin pula menjadi busuk, yang akhirnya menyebabkan bau mulut.

11. Sadar gak, kebanyakan tidur bisa menjadi biang keladi bau mulut lho. Jadi, saat puasa, hindari tidur berlebihan.

Tak jarang orang yang berusaha menghindari waktu berpuasa dengan cara tidur. Namun, sadarilah bahwa tidur menyebabkan mulut kita menjadi kering dan kurang air. Saat mulut kering, bau tidak sedap akan lebih mudah muncul.

Sudah tahu kan sekarang, selamat menerapkan!

Baca Juga : 8 Suka Duka Bulan Ramadan yang Cuma Dirasakan oleh Anak Kost!

Read More
ARTIKEL REKOMENDASI