Teknik-Teknik Fotografi Keren Ini Harus Kamu Kuasai Buat Jadi Fotografer Sah!

Siapa sih yang nggak suka ngambil foto di zaman sekarang? Adanya media sosial yang mendorong kamu untuk menjadi kreatif secara visual pada akhirnya, suka nggak suka, bakal menuntut kamu jadi fotografer amatir. Kalau ujung-ujungnya kamu jadi jatuh cinta sama dunia fotografi, hal ini udah bukan sesuatu yang baru di zaman seperti ini. Semuanya bisa dibilang berlomba-lomba pengen mendapat pengakuan bisa mengambil foto dengan kualitas dan nuansa yang bagus, supaya ditaksir sama calon follower.

Nah, buat bikin feed Instagram atau Flickr, atau platform foto apapun kamu makin ciamik, kamu perlu tahu beberapa trik fotografi yang unik dan bakal bikin kamu berbeda dari fotografer lainnya. Ssst…rahasia ini hanya dibocorkan di sini!

Panorama melingkar dengan efek 3D

Teknik-Teknik Fotografi Keren Ini Harus Kamu Kuasai Buat Jadi Fotografer Sah!Sumber Gambar: weburbanist.com

Siapa bilang foto yang bagus adalah foto yang terbingkai manis dalam bentuk segi empat dengan panorama yang teknis hanya berupa landscape aja? Ke mana aja lo? Bikin feed kamu lebih unik lagi dengan gaya panorama yang melingkar-lingkar ini, yang memberikan efek berseni pada foto kamu. Kalau kamu sabar, kamu bakalan lebih jago di teknik ini dan belum banyak yang bisa menyamai lingkaran 3D karya kamu, lho!

 

High speed

Teknik-Teknik Fotografi Keren Ini Harus Kamu Kuasai Buat Jadi Fotografer Sah!Sumber Gambar: webneel.com

Ini dia cara lain untuk memberikan karakter pada foto-foto yang kamu hasilkan. Jangan fokus memotret benda yang sedang diam, tapi coba fokuskan objek foto kamu pada benda-benda yang sedang bergerak dengan kecepatan tinggi, seperti cipratan air hingga tembakan ke suatu benda yang menghasilkan ledakan. Dibutuhkan teknik kamera yang nggak sembarangan, tapi begitu kamu bisa menghasilkan satu foto yang bagus dan terus konsisten dengan tema yang sama, dijamin deh followers kamu juga bakal nambah.

 

Infrared dan HDR

Teknik-Teknik Fotografi Keren Ini Harus Kamu Kuasai Buat Jadi Fotografer Sah!Sumber Gambar: inspirationfeed.com

Warna-warna ekstrem yang disediakan dalam fotografi HDR dan Infrared dapat tampak aneh bagi mata-mata yang masih kolot. Perubahan warna yang nggak lazim karena efek Infrared tersebut butuh banyak latihan dan selera yang terus diperbaiki, sampai kamu dapetin ritme yang enak saat mengedit foto menjadi warna HDR yang juga ramah buat mata-mata yang masih belum terbiasa.

 

Malam bernuansa

Teknik-Teknik Fotografi Keren Ini Harus Kamu Kuasai Buat Jadi Fotografer Sah!Sumber Gambar: wired.com

Tipe foto nuansa malam hanya diambil di malam hari, namun nggak terbatas pada warna hitam putih saja. Seru, ‘kan? Tentu aja feed kamu bakal jadi lebih gelap dan sedikit moody bahkan suram, tapi kalau kamu bisa mengikuti seni bermain bayangan atau shadow, shade dan kontras warna-warnanya yang tidak bisa ditemukan dalam foto penuh cahaya, maka kamu bisa menawarkan galeri foto yang lebih unik dan berbeda. Patut dicoba buat kamu yang nggak suka sama dengan orang lain.


Fotografi refleksi

Teknik-Teknik Fotografi Keren Ini Harus Kamu Kuasai Buat Jadi Fotografer Sah!Sumber Gambar: lava360.com

Bukan hal baru memang, karena dengan aplikasi-aplikasi editan foto yang beredar sekarang, kamu bisa menciptakan efek mirror. Namun, ada sensasi tersendiri yang memuaskan kalau kamu hunting hal-hal di keseharian yang tanpa sengaja menghasilkan refleksi. Di situlah seni fotografi refleksi tersimpan! Cari benda-benda yang ternyata bisa memantulkan refleksi dan lihat apa yang terefleksi di dalamnya, dan kamu siap beraksi!


Monokrom berwarna

Teknik-Teknik Fotografi Keren Ini Harus Kamu Kuasai Buat Jadi Fotografer Sah!Sumber Gambar: tripwiremagazine.com

Kalau monokrom identik dengan warna hitam dan putih, dalam teknik monokrom berwarna tidak berlaku hal-hal ini. Teknik monokrom berwarna memadukan warna hitam dengan satu warna lainnya yang bukan warna putih maupun abu-abu. Saat kamu bisa memainkan tone grayscale warnanya dengan tepat, komposisi foto kamu pun bakal langsung tampak lain dari biasanya.


Hitam putih kental

Teknik-Teknik Fotografi Keren Ini Harus Kamu Kuasai Buat Jadi Fotografer Sah!Sumber Gambar: digitalhint.net

Teknik-Teknik Fotografi Keren Ini Harus Kamu Kuasai Buat Jadi Fotografer Sah!Sumber Gambar: lightroompresets.com

Fokus pada warna hitam dan putih saja untuk galeri kamu di media sosial juga adalah jalan pintas buat mendapatkan perhatian, selama kamu menawarkan kisah dramatis yang juga didukung dengan panorama yang nggak biasanya mudah ditemukan di fotografi hitam putih lainnya. Ini dia teknik yang paling gampang dilakukan, asal kamu niat ngelakuinnya.


Fotografi pinhole

Teknik-Teknik Fotografi Keren Ini Harus Kamu Kuasai Buat Jadi Fotografer Sah!Sumber Gambar: weburbanist.com

Teknik yang satu ini mengajak kamu menjadi fotografer tanpa gadget canggihnya. Sebelum kamera yang tinggal klik di zaman sekarang ini ada, semua orang yang ingin mengabadikan momen bekerja dengan lubang seperti lubang jarum yang kecil yang menggunakan teknik tangkapan cahaya seperti layaknya kamera normal. Kalau kamu bisa menguasai teknik ini, jangan heran kalau kamu jadi salah satu pionir kembalinya fotografi pinhole di Indonesia, ya.


Tilt-shift

Teknik-Teknik Fotografi Keren Ini Harus Kamu Kuasai Buat Jadi Fotografer Sah!Sumber Gambar: weburbanist.com

Menentukan skala dalam fotografi akan bergantung pada perspektif yang ada di dalamnya. Saat skala ini dengan sengaja di’ganggu’, maka akan tercipta fotografi tilt-shift yang memainkan perhitungan skala yang dikenal oleh mata kita sehingga muncul ukuran baru yang relatif serta unik. Mungkin, fotografi tilt-shift bisa jadi agak susah kamu kuasai, tapi latihan, latihan dan latihan bisa jadi investasi galeri foto online kamu!


Time-lapse

Teknik-Teknik Fotografi Keren Ini Harus Kamu Kuasai Buat Jadi Fotografer Sah!Sumber Gambar: consumer-campaign.huawei.com

Lawan langsung dari fotografi high-speed atau kecepatan tinggi adalah adanya foto yang diatur dalam speed yang sangat lambat sehingga terjadi blur karena berusaha menangkap pergerakan dalam speed pelan. Time-lapse dapat membantu mengurutkan berbagai momen ke momen lainnya dan menciptakan satu momen yang diabadikan jadi satu. Buat kamu yang serius mau menekuni teknik termudah ini, kamu bisa mulai belajar yang namanya light painting atau melukis dengan cahaya.

Kabar baiknya, kamu nggak perlu susah payah menguasai teknik fotografi sekelas gadget macam SLR maupun kamera profesional. Cukup dengan smartphone yang kamu bawa ke mana-mana, yang kamu buat chat dan main media sosial aja, teknik time-lapse dan light painting ini bisa kamu wujudkan dalam portfolio foto-foto kamu. Nggak perlu ke mana-mana bawa kamera besar, kapanpun kamu mau melakukan light painting di malam hari, langsung keluarkan kamera yang pas di saku kamu dan lakukan eksperimen dengan cahaya warna-warni. Kedengaran seru banget, ‘kan? Emang, apalagi buat kamu pecinta fotografi.

Teknik-Teknik Fotografi Keren Ini Harus Kamu Kuasai Buat Jadi Fotografer Sah!Sumber Gambar: consumer-campaign.huawei.com

Buat memenuhi semua kriteria di atas, kamu perlu kenalan sama yang namanya Huawei P8. Ukuran Huawei P8 yang tergolong standar seperti smartphone yang biasanya lebih populer, dipadu dengan teknologi pertama di dunia yang menghadirkan 4 warna sensor RGBW seperti pada kamera DSLR, mendukung penuh foto kamu saat suasana lagi gelap. Dengan kreativitas kamu memainkan cahaya, Huawei P8 udah cukup jadi satu-satunya gadget yang kamu butuhkan untuk membuat foto berkualitas.

Perlu bukti hasil foto-foto keren dari amunisi kreativitas kamu ini? Cukup cek di Facebook page Huawei Device ID atau di Instagram @huaweideviceidYuk, join di komunitas light painting dan bawa hape Huawei P8 kamu untuk seru-seruan bikin kreasi foto light painting yang keren!

So, sekarang saatnya kamu menentukan, apakah kamu fotografer unik dan berkarakter atau fotografer abal-abal?