Beda dari Korea, Ini 5 Fakta Menarik Wajib Militer di Thailand

Transgender punya aturan khusus

Beda dari Korea, Ini 5 Fakta Menarik Wajib Militer di Thailandinstagram.com/nadechworld

Wajib militer (wamil) adalah salah satu proses pelatihan militer yang diberikan oleh negara kepada warga negaranya dengan tujuan memperkuat pertahanan bangsa. Terhitung 32 negara di dunia yang telah menerapkan wamil dengan sangat disiplin. Selain Korea Selatan, Thailand adalah negara Asia berikutnya yang dengan teratur menerapkan sistem wamil.

Negara Seribu Pagoda ini mengadakan wamil secara serentak pada bulan April setiap tahunnya. Yup, April menjadi mimpi buruk tersendiri bagi warga yang menerima panggilan wamil. Berbeda dengan negara lain, berikut ini 5 keunikan wamil yang dapat kamu jumpai di Thailand.

1. Syarat fisik hingga pendidikan

Beda dari Korea, Ini 5 Fakta Menarik Wajib Militer di Thailandkhaosodenglish.com

Syarat utama wamil di Thailand berlaku untuk warga negara laki-laki yang telah menginjak usia 21 - 27 tahun. Tidak sedang menjalani pengobatan serius dan terbebas dari gangguan mental. Selain itu, para calon tentara ini pun harus melampirkan berbagai berkas terkait salah satunya pendidikan terakhir. 

Untuk yang memiliki proses Draft Day (pengundian) bagi mereka dengan jenjang pendidikan sekolah dasar hingga sekolah menengah umum atau setara akan mendapatkan waktu wajib militer 2 tahun jika memperoleh kartu merah dan setahun jika memperoleh kartu hitam. Sedangkan untuk lulusan sarjana atau setara akan memperoleh masa wamil setahun jika memperoleh kartu merah dan terbebas jika memperoleh kartu hitam.

2. Mendaftar wamil dengan sukarela

Beda dari Korea, Ini 5 Fakta Menarik Wajib Militer di Thailandinstagram.com/thanapob_lee

Pemerintah Thailand sangat mengapresiasi itikad baik bagi warga yang mendaftarkan diri ikut wamil secara sukarela. Mendaftar dengan inisiatif sendiri akan mendapatkan waktu wamil 6 bulan dan bebas memilih 3 divisi dari angkatan darat, angkatan udara dan tentara khusus kerajaan.

3. Sistem Draft Day atau lotre

Beda dari Korea, Ini 5 Fakta Menarik Wajib Militer di Thailandnationmultimedia.com

Sistem lotre adalah hal yang membedakan wamil di Thailand dan di beberapa negara yang menerapkan wamil. Sistem lotre adalah pilihan tersendiri. Jadi jika kamu ikut sistem lotre maka kamu akan menjalani undian pengambilan kartu merah dan kartu hitam.

Beruntung jika memperoleh kartu hitam maka akan terbebas dari wamil. Namun jika mendapatkan kartu merah, maka akan mendapatkan kewajiban dua kali waktu wamil sukarela sehingga menjadi 1 tahun.

Baca juga: Lagi Terkenal, 6 Aktor Ganteng Thailand Ini Ternyata Punya Pacar!

4. Penundaan wamil

Beda dari Korea, Ini 5 Fakta Menarik Wajib Militer di Thailandinstagram.com/nadechworld

Pemerintah Thailand hanya akan memberikan keringanan penundaan wamil bagi warganya yang sedang menempuh pendidikan atau masih berstatus pelajar di sebuah institusi hingga usia 27 tahun. Biasanya ini berlaku untuk mereka yang melanjutkan gelar master.

Lalu bagaimana dengan warga negara yang berkarier di luar negeri misalnya saja artis Thailand yang berkarier di Korea Selatan seperti Bambam GOT7 dan Ten NCT? Mereka tetap harus kembali ke Thailand untuk menjalankan kewajibannya sebagai warga negara yang taat.

5. Aturan wamil untuk transgender

Beda dari Korea, Ini 5 Fakta Menarik Wajib Militer di Thailandinstagram.com/thanapob_lee

Sampai saat ini pro dan kontra wamil untuk mereka yang berstatus transgender memang masih jadi perdebatan. Kewajiban untuk wamil bagi transgender sempat dihilangkan namun pada tahun 2012 pendataan untuk transgender mengikuti wamil kembali dibuka.

Pembagian transgender untuk wamil terdiri atas mereka yang belum melakukan perubahan gender (tidak ada perubahan fisik), mereka yang telah melakukan implan dan mereka yang telah melakukan perubahan gender secara menyeluruh. Ketiga jenis transgender ini akan tetap mengambil lotre, meski biasanya yang masuk kategori telah melakukan perubahan gender akan mendapatkan penyelidikan lebih khusus dan dibebaskan dari tanggung jawab wamil.

Wamil menjadi euforia tersendiri di Thailand yang menjadi bahan perbincangan menarik oleh semua kalangan masyarakat. Wamil bahkan jadi obrolan yang lebih diminati masyarakat Thailand ketika saling bercengkarama di warung kopi. Indonesia sendiri sejauh ini belum menerapkan wamil nih, bagaimana menurutmu?

Baca juga: Masuk Wamil, 10 Artis Korea Ini Makin Kekar dan Ganteng Deh

Read More
Erina Wardoyo
EditorErina Wardoyo
Line IDN Times
ARTIKEL REKOMENDASI