Benarkah Kamu Gemuk? Silakan Hitung di Sini

Jangan cepat memvonis dirimu gemuk. Coba dulu hitung di sini...

Benarkah Kamu Gemuk? Silakan Hitung di Sini bisnis.liputan6.com

Line IDN Times

Kata "gemuk' seolah jadi momok mengerikan, terutama perempuan yang mempedulikan penampilan. Gemuk seperti menjadi sinonim lain dari jelek. Sehingga banyak perempuan merasa tersinggung ketika ada orang lain mengomentari berat badan mereka yang bertambah.

Lalu segala cara dilakukan untuk mendapatkan kembali tubuh ideal seperti berolahraga, minum ramuan obat pelangsing, bahkan melakukan diet yang terkadang menyiksa.

Satu pertanyaan lalu muncul "Benarkah Anda termasuk kategori gemuk seperti yang dikatakan orang lain atau dikhawatirkan oleh diri sendiri?,". Jawabannya: belum tentu.

Seseorang berhak dikatakan gemuk ketika berat badannya 10% lebih banyak dari berat badan idealnya. Namun demikian, berat badan ideal tiap orang tidaklah sama. Tergantung dari tinggi badannya. Untuk menghitung berat badan ideal sebenarnya ada rumus:

(TINGGI BADAN-100) - (10% x [TINGGI BADAN -100])

Sebagai contoh, tinggi badan Anda 162 cm. Maka melalui perhitungan di atas, diperoleh hasil: (162-100) - (10% x [162-100]) = 55,8 kg. Jika berat badan masih berada di rentang 56 – 61 kg, secara matematik Anda masih dalam kategori aman dan belum bisa divonis gemuk, hanya sedikit berisi saja.

Namun jika lebih dari itu, misalnya 63 kg, maka secara positif Anda termasuk kategori gemuk dan sudah waktunya melakukan ritual diet serta olah raga.

Sementara itu, jika Anda membiarkan angka itu terus meningkat bahkan hingga mencapai angka 80 kg, maka sudah bisa digolongkan ke dalam kategori obesitas. Mengapa demikian?

Seseorang dapat divonis menderita obesitas jika indeks massa tubuhnya (IMT) melampaui angka 30. Indeks Massa Tubuh diperoleh dari rumus berikut ini:

BERAT BADAN: KUADRAT TINGGI BADAN (DALAM METER)

Misalnya, berat badan Anda sudah mencapai 80 kg, dan tinggi badannya 162 cm (1,62 m),maka indeks masa tubuh Anda adalah: 80 : 1,62 x 1,62 = 30,5.

Karena melampaui angka ideal IMT 30,  secara otomatis Anda divonis menderita obesitas. Maka, sebelum terlambat, ada baiknya Anda mulai mengontrol pola makan, rajin berolahraga, selalu berpikir positif dan tahu kapan harus mulai melakukan diet. Semoga informasi ini bermanfaat.

AKHLAQUL KARIMAH

Will Smith and Paul Walker Lover

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More
ARTIKEL REKOMENDASI