11 Hal yang Bikin B.A.P Berbeda dari Grup K-Pop Lain

Sesuai namanya, mereka adalah Best Absolute Perfect!

11 Hal yang Bikin B.A.P Berbeda dari Grup K-Pop Lain bapyessir.com

Line IDN Times

B.A.P merupakan singkatan dari Best Absolute Perfect. Boyband Korea beranggotakan Bang Yong Guk sebagai leader dan rapper, Himchan sebagai vocal dan visual, Daehyun sebagai main vocal, Youngjae sebagai lead vocal, Jongup sebagai main dancer dan vocal, serta Zelo sebagai maknae dan rapper ini debut pada tahun 2012 lalu.

Bagi kamu yang bukan penggemar K-Pop, nama B.A.P mungkin hampir tidak pernah kamu dengar, dibandingkan boyband populer Korea lain seperti EXO, Super Junior, atau BTS. Padahal sebenarnya, mengenal apalagi mengidolakan B.A.P bukan hal yang merugikan, lho! Justru grup ini bisa dikatakan punya banyak kelebihan yang membuatnya memiliki kesan berbeda dibandingkan grup mainstream Korea lainnya. Apa saja kelebihannya? Berikut di antarannya:

1. Lagu-lagu B.A.P itu meaningful. Sering menyinggung konflik dalam kehidupan sosial dan ketidakadilan di dunia.

B.A.P bukan sekedar grup pembuat musik yang enak didengar. Di setiap lagu-lagu mereka, B.A.P selalu menyiratkan pesan moral yang menyinggung krisis atau konflik sosial yang ada di dunia ini.

Seperti di salah satu lagu terbaru mereka yang berjudul Wake Me Up, lirik lagu ini mengajarkan kita agar lebih peka terhadap beban hidup orang-orang di sekitar kita, yang tanpa kita sadari bisa saja menderita masalah psikologi yang serius dan membutuhkan pertolongan dari orang lain.

Selain Wake Me Up, ada juga lagu Warrior yang menyinggung sistem ketidakadilan dunia dan tekad mereka untuk membawa perubahan agar kebenaran selalu terungkap, lagu Badman yang menyinggung tingkat kriminalitas yang semakin memburuk di berbagai negara, dan masih banyak lagi lagu-lagu lainnya yang liriknya bermakna dalam.

2. Ada kalanya mereka juga membuat lagu tentang cinta, dan hasilnya nendang abis!

Bisa dibilang, kekuatan utama di lagu-lagu B.A.P memang ada pada musik dan liriknya. Selain musiknya yang earcatchy, lirik di lagu-lagunya juga dirangkai dengan indah. Lagu-lagu cinta bernuansa kasmaran seperti Crush, Where Are You? What Are You Doing?, dan Feel So Good bisa bikin kamu berbunga-bunga, sedangkan lirik di lagu-lagu bernuansa patah hati seperti Rain Sound, Blind dan 1004, begitu menohok di hati.

3. Kesuksesan lagu-lagu B.A.P tidak lepas dari tangan sang leader, Bang Yong Guk, yang juga berposisi sebagai produser.

Bukan hanya ambil andil dalam menulis lirik di semua lagu B.A.P, Bang Yong Guk juga terlibat dalam aransemen sebagian besar lagu B.A.P, terutama sejak full album pertama mereka, First Sensibility yang dirilis tahun 2014. Terkadang leader kelahiran 31 Maret 1990 ini juga melibatkan member B.A.P lain untuk turut menulis lirik di beberapa lagu selain lagu utama.

4. Gak cuma jago bikin lagu, Bang Yong Guk juga sosok leader berjiwa sosial lho!

Sejak sebelum tergabung di B.A.P, Bang Yong Guk memang sosok pria yang suka terlibat dalam kegiatan sosial. Ia terdaftar sebagai member di organisasi sosial seperti World Vision, Save The Children, dan UNICEF. Kebiasaan baiknya ini kemudian ia tularkan kepada anggota lain di B.A.P, dan bahkan kepada penggemar mereka yang diberi nama Babyz. Cerita lengkap seputar kegiatan sosial yang telah dilakukan B.A.P dan fans sepanjang 5 tahun perjalanan karirnya bisa kamu baca di sini (https://gogetfunding.com/b-a-p-noir-fundraising-project).

5. B.A.P juga kerap mengampanyekan hal-hal sosial baik di album maupun konser.

Dengan cara-cara ini, B.A.P ingin mengajarkan kepada fans agar lebih peduli terhadap keselamatan bumi dan kesenjangan sosial antar makhluk hidup.

6. Aksi panggungnya selalu memuaskan dengan tampil live dan pecah!

Cek saja video-video performance B.A.P baik saat tampil di acara musik mingguan, konser gabungan, atau bahkan konser solo mereka sendiri. Bang Yong Guk dkk selalu tampil live dengan aksi panggung spektakuler yang gak pernah mengecewakan fans!

7. Padahal koreografi di lagu-lagu mereka terbilang susah banget.

Meski harus membawakan koreografi dengan tingkat kesulitan tinggi seperti di lagu Warrior, One Shot, 1004, dan masih banyak yang lainnya, keenam member B.A.P tetap mampu tampil live dengan vocal yang stabil dan sempurna. Mereka bahkan dikenal sebagai salah satu grup K-Pop yang anti melakukan lypsinc di atas panggung.

8. Talenta enam member B.A.P yang saling melengkapi.

Bang Yong Guk dengan bakat producing dan rap yang khas dengan suara berat, Daehyun dan Youngjae dengan bakat vocal prima dan lihai membawakan lagu-lagu bernada tinggi, Jongup dengan dance atraktif ditambah kemampuan vocal yang gak kalah stabil dengan dua lead vocal-nya, Zelo dengan dance lincah dan LTE rap, serta Himchan sebagai visual dan vocal yang juga cocok untuk imej di lagu-lagu B.A.P. Tuh sudah lengkap! Kurang apa lagi, coba?

9. Garang di atas panggung, tapi di luar panggung mereka sebenarnya kocak abis!

Bahkan K-Popers yang bukan fans B.A.P saja harus mengakui bahwa grup ini selalu tampil garang saat berada di atas panggung, terutama saat mereka membawakan lagu bermusik keras seperti Warrior, Power, One Shot, atau Skydive. Padahal saat di luar panggung, mereka sebenarnya kocak abis, lho! Seringkali B.A.P berani tampil konyol demi menghibur fans saat tampil di beberapa acara variety show atau saat membuat video khusus berisi pesan untuk Babyz di seluruh dunia.

10. Nonton video klip lagu-lagu B.A.P itu selalu bikin takjub. Niat abis sih!

Sejauh ini, predikat video klip K-Pop terkeren sepatutnya masih dipegang oleh One Shot milik B.A.P.  Coba saja kamu nonton video klip ini, berasa lagi nonton film action versi pendek! Tapi selain One Shot, video klip lain dari B.A.P juga selalu dibuat dengan niat dan budget yang mahal, seperti video klip untuk lagu Skydive, Young, Wild & Free, No Mercy, dan masih banyak lagi.

11. Logo Matoki sudah jadi ciri khas B.A.P yang membuatnya gampang diingat.

Sejak debut, B.A.P diperkenalkan dengan maskot resmi bernama Matoki yang sesuai dengan konsep mereka sebagai alien yang turun ke bumi untuk menguasai dunia. Masing-masing member memiliki karakter matoki yang disesuaikan dengan karakter dan posisi mereka di B.A.P.

Bang Yong Guk sebagai leader Shishimato yang berwarna merah, Himchan sebagai Tatsmato warna pink, Daehyun sebagai Kekemato warna putih, Youngjae sebagai Jokomato warna kuning, Jongup adalah Dadamato warna hijau, dan Zelo sebagai maknae Totomato warna biru.

Cek juga lagu comeback terbaru mereka berjudul Honeymoon ini, yuk!

Begitu melihat judulnya, kamu pasti berpikir Honeymoon adalah lagu tentang cinta. Tapi sebenarnya lirik lagu ini memuat pesan tentang freedom alias kebebasan. Lewat lagu ini, B.A.P mengajarkan tentang bahagianya merasa bebas ketika kita menyadari bahwa hidup itu indah dan berwarna, dengan berhenti mempedulikan ocehan orang lain yang suka menghakimi kekurangan diri kita.

Gimana? Benar-benar Best Absoulte Perfect, kan?!

Venita Beauty

Born to be different and unique than those pretty girls around you

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More
ARTIKEL REKOMENDASI