Nama BTS tidak henti-hentinya digaungkan oleh para penggemarnya yang tersebar di berbagai negara. Berbagai penghargaan diraih, jutaan kopi album terjual, hingga tiket yang selalu ludes setiap mereka menggelar konser. Pencapaian besar boyband yang lebih dikenal dengan Bangtan Boys ini bukan tanpa perjuangan keras yang telah mereka lakukan.

Buah manis dari usaha mereka bertahun-tahun seakan terbayar dengan popularitasnya yang semakin memuncak di tahun 2018 ini. Resmi merilis album terbaru mereka "Love Yourself: Tear", Jum'at (18/5) dan akan tampil di penghargaan musik bergengsi Billboard Music Awards tanggal 20 nanti. Ini dia perjalanan karier BTS sejak pertama debut hingga kini menjadi grup KPop yang mendunia.

1. Sejarah sebelum terbentuknya 7 member dan debut dengan "No More Dream"

Berasal dari Agensi Kecil, 12 Perjalanan Karier BTS Hingga Populer di Duniafacebook.com/btsofficial

Buat kalian para Army sejati pasti tahu kalau sebelum akhirnya BTS debut dengan 7 anggota, RM sudah terlebih dulu akan diorbitkan sebagai duo rapper bersama Iron dengan nama Dynamic Duo. Maka gak heran jika jiwa rap RM menjadi signature dalam musik BTS.

Namun CEO Big Hit Entertainment memutuskan membuka audisi untuk anggota BTS dan masuklah Suga sebagai member kedua BTS. Meskipun sebenarnya ia mengikuti audisi bukan untuk menjadi idol melainkan menjadi produser. 

Sedangkan J-Hope yang dulunya merupakan seorang dance crew bernama Neuron pernah mengikuti audisi JYP Entertainment. Sang golden maknae mengawali takdirnya sebagai member BTS setelah tereliminasi dalam Superstar K.

Saat itu JK menerima tawaran dari 7 agensi namun akhirnya melabuhkan pilihannya ke Big Hit Entertainment setelah mengagumi rap sang leader RM. BTS akhirnya lengkap sebagai OT7 dengan Jimin sebagai member yang terakhir bergabung dengan BTS.

2. Menjadi grup rookie yang tinggal dalam dorm yang sangat kecil

Berasal dari Agensi Kecil, 12 Perjalanan Karier BTS Hingga Populer di Duniatwitter.com

Ungkapan " Apa yang kita taman akan kita tuai" sepertinya sangat cocok menggambarkan hasil dari jerih payah perjuangan mereka di awal karier. Banyak Army mengatakan para anggota BTS terlihat seperti sosok yang pemalu saat pertama kali debut di stage MCountdown pada 13 Juni 2013.

Bukan hal yang mudah menjadi rookie di bawah naungan agensi yang bukan big 3 companies di Korea Selatan pada saat itu. Semangat BTS sudah sangat terlihat sejak awal debut melalui lirik lagu "No More Dream" yang mereka tulis bersama.

Berasal dari Agensi Kecil, 12 Perjalanan Karier BTS Hingga Populer di Duniasoulbeats.com

Image bad boy yang gahar menjadi ciri khas BTS di No More Dream era yang kemudian kembali merilis MV We Are Bulletproof PT. 2 yang akhirnya mulai mendapat perhatian dari para pencinta musik K-Pop dengan konsep debut yang cukup berbeda dengan grup lainnya. Meski begitu kehidupan rookie bagi mereka saat itu pasti membuat para Army tersentuh jika mengingatnya.

Tinggal di sebuah dorm yang kecil dengan tujuh anggota dan tidur di ranjang susun. Kekompakan mereka yang solid sejak dulu hingga sekarang menjadi salah satu alasan karier mereka menanjak. Di tahun 2014 kebersamaan member BTS mengantar Jungkook pergi ke sekolah untuk pertama kalinya merupakan momen yang sangat manis. Di era ini juga bahkan BTS menggelar showcase di Thailand dengan penonton yang tidak sebanyak sekarang.

3. Meraih popularitas melalui "Boys in Luv" dan tampil di KCON Los Angeles

Berasal dari Agensi Kecil, 12 Perjalanan Karier BTS Hingga Populer di Duniasoompi.com

Di tahun 2014, BTS melengkapi "School Trilogy" mereka dengan album Skool Luv Affair dengan track andalan "Boys In Luv". Berkonsep cowok sekolahan, BTS sukses menjual 200 ribu kopi album menurut chart Gaon.

Kalau sebelumnya mereka tampil dengan imej bad boy, dalam album ini mereka beralih menjadi flower boy di"Just One Day". Melalui album ini, nama BTS yang mulai meroket masuk ke dalam line up performer KCON yang digelar di Los Angeles sebagai awal mula karier mereka di tingkat Internasional.

4. Memulai tur hingga merilis MV dengan penuh teka-teki dan teori

Berasal dari Agensi Kecil, 12 Perjalanan Karier BTS Hingga Populer di Duniabtsdiary.com

Big Hit Entertainment sepertinya tahu betul cara membuat Army penasaran. 2015 menjadi tahun melejitnya BTS di dunia musik KPop. Setelah merilis album Dark and Wild, BTS menggelar tur pertamanya di Jepang bertajuk "Wake Up: Open Your Eyes" yang kemudian dilanjutkan dengan tur "BTS Live Trilogy Episode II: The Red Bullet" yang digelar sejak Desember 2014 hingga Agustus 2015 di berbagai negara.

Di tahun 2015 juga BTS meraih banyak penghargaan World Rookie Award Gaon Chart Music Awards, Disk Bonsang Golden Disc Awards, Best World Performer Mnet Asian Music Awards dan masih banyak lainnya.

5. Masuk ke dalam Billboard's World Digital Chart

Berasal dari Agensi Kecil, 12 Perjalanan Karier BTS Hingga Populer di Duniabillboard.com

2015 menjadi tahunnya BTS yang hadir dengan konsep jauh berbeda dengan saat mereka debut. BTS merilis albu The Most Beautiful Moment in Life, Part 1 dengan track andalan "I Need You" dan "Dope". MV "I Need You" sendiri dikemas dengan cerita yang akan terus berlanjut di album-album setelahnya.

Uniknya, banyak teka-teki misteri yang membuat rasa penasaran Army dalam MV "I Nee You" dan menghasilkan banyak teori. "Dope" berada di posisi ketiga dalam Billboard's World Digital Chart dan tampil eksklusif di Billboard studios. Di tahun yang sama BTS juga resmi menjadi brand ambassador brand ternama PUMA.

6. Menggelar BTS LIVE The Most Beautiful Moment in Life On Stage: Epilogue

Berasal dari Agensi Kecil, 12 Perjalanan Karier BTS Hingga Populer di Duniabtsdiary.com

BTS yang merilis album The Most Beautiful Moment in Life, Part 2 dengan lagu andalan "Run", BTS akhirnya menggelar konser dengan tajuk "BTS LIVE The Most Beautiful Moment in Life On Stage: Epilogue" di berbagai negara seperti Korea, Jepang, Thailand hingga Filipina. 

Baca juga: 15 Konsep Foto Album BTS dari Waktu ke Waktu, Totalitas Banget!

7. Terpilih sebagai honorary tourism ambassadors Seoul

Berasal dari Agensi Kecil, 12 Perjalanan Karier BTS Hingga Populer di Duniasoompi.com

Terpilihnya boyband KPop sebagai tourism ambassador Seoul menjadi indikator tingkat popularitas artis Korea Selatan. Bagaimana tidak, pemerintah Seoul selalu memilih artis papan atas sebagai ambassador. Lagu bertemakan Seoul yang sebelumnya dinyanyikan oleh para artis dari SM Entertainment, di tahun 2017 Visit Seoul resmi merilis MV "I Seoul U" yang dinyanyikan oleh 7 cowok ganteng ini. Jadi semakin ingin mengunjungi Seoul ya guys?

8. Berhasil meraih penghargaan Daesang dan melejit dengan lagu "Blood Sweat and Tears"

Berasal dari Agensi Kecil, 12 Perjalanan Karier BTS Hingga Populer di Duniasoompi.com

Semakin berada di puncak popularitasnya berkat lagu mereka seperti Run, Save Me, Fire, hingga Blood Sweat and Tears yang telah ditonton jutaan kali di YouTube. BTS memenangkan piala penghargaan paling bergensi di MAMA 2017 untuk kategori Artist of the Year.

Hal ini merupakan hasil kerja keras BTS dalam membuat album "Wings" yang berisi single andalan "Blood, Sweat and Tears" yang menjadi all kill di Korea Selatan. Di tahun yang sama BTS juga melebarkan sayapnya ke Jepang dengan merilis album studio kedua mereka "Youth".

9. Menggelar "Wings Tour", kerjasama dengan UNICEF hingga The Chainsmokers

Berasal dari Agensi Kecil, 12 Perjalanan Karier BTS Hingga Populer di Duniakoreanwaveina.com

2017 menjadi tahun yang paling manis untuk para Army melihat kesuksesan idolanya. Pencapaian besar telah dimiliki BTS setelah 4 tahun berkarier. BTS menggelar BTS Live Trilogy Episode III (Final Chapter): The Wings Tour di 40 tempat berbagai negara seperti Amerika, Brazil, Australia hingga Indonesia yang dipenuhi oleh puluhan ribu penonton di setiap tempatnya. BTS sendiri menyambangi fans  di Indonesia pada 29 April 2017 lalu. 

Berasal dari Agensi Kecil, 12 Perjalanan Karier BTS Hingga Populer di Duniaunicef.org

Tidak hanya menikmati kariernya yang cemerlang, dengan kesuksesannya BTS juga menunjukkan jiwa sosial mereka melalui kerjasamanya bersama UNICEF untuk kampanye "Love Myself". Kampanye ini untuk menjaga dan mendukung anak dan remaja korban kekerasan di berbagai belahan dunia dengan cara mendonasikan hasil penjualan album "Love Yourself: Her".

Gak cuma itu, BTS juga bekerja sama dengan DJ dunia Andrew Taggart dari The Chainsmokers untuk lagunya "Best of Me". Wah keren banget kan guys?

10. Menunjukkan eksistensi di industri musik dunia

Berasal dari Agensi Kecil, 12 Perjalanan Karier BTS Hingga Populer di Duniabtsdiary.com

Sejak akhir 2017 hingga sekarang BTS tak henti-hentinya menujukkan eksistensi di industri musik dunia. Popularitasnya di tingat Internasional sudah tidak perlu dipertanyakan lagi.

BTS sukses diundang dalam acara talkshow ternama Ellen Show di Amerikan dan juga hadir dalam "The Late Late Show' bersama James Cordon. Hal tersebut cukup membuat fans surprise karena langkah mereka untuk mengembangkan sayap kariernya ke dunia semakin nyata.

11. Berkolaborasi dengan Steve Aoki hingga tampil di Billboard Music Awards 2018

Berasal dari Agensi Kecil, 12 Perjalanan Karier BTS Hingga Populer di Duniavogue.com

Masuk tahun 2018, banyak kejutan yang diberikan oleh BTS untuk para Army. Berhasil menggaet DJ dunia Steve Aoki, BTS merilis MV Mic Drop versi remix yang luar biasa dan telah ditonton sebanyak 245 juta kali!

Gak cuma itu, Vogue Amerika yang telah menghadirkan seleb dunia seperti Rihanna hingga Kendall Jenner untuk konten khususnya, memilih BTS sebagai model mereka dan membuat edisi 24 Hours With BTS in L.A. RM dkk juga bertandang ke Amerika untuk tampil di Billboard Music Awards tahun ini.

12. Merilis album "Love Yourself: Tear" pada 18 Mei 2018

Berasal dari Agensi Kecil, 12 Perjalanan Karier BTS Hingga Populer di DuniaInstagram.com/bts.bighitofficial

BTS juga membuat Army gak sabar menanti album terbaru mereka "Love Yourself: Tear". Dengan konsep foto album dan teaser yang luar biasa semakin membuat Army penasaran. 

Nah itulah perjalanan karier BTS mulai dari awal hingga berada di puncak popularitas seperti sekarang. Bener-bener bikin terharu ya?

Baca juga: Makin Kece, Intip 10 Gaya Fashion Airport Member BTS ke Amerika