TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Boyband Tak Populer Saat Debut yang Kini Justru Digandrungi Netizen

#WannaOnexIDNTimes Ada yang sampai menembus peringkat pertama chart iTunes US

soompi.com

Siapapun setuju bahwa persaingan antar idol KPop sangatlah ketat. Tercatat, terdapat 183 boyband di Korea Selatan saat ini akan tetapi hanya segelintir grup yang memperoleh popularitas dan diketahui oleh masyarakat secara luas.

Saking banyaknya, gak jarang pada saat debut banyak boyband baru alias rookie yang jadi tak populer karena tertutup pesona boyband yang sudah lama debut seperti EXO, BTS atau Wanna One. Namun uniknya, seiring berjalannya waktu ada lho boyband rookie yang kini mulai menarik perhatian para netizen dan penikmat musik karena bakat dan kemampuan yang mereka tunjukkan.

Siapa sajakah mereka?

1. The East Light

soompi.com

Grup ini memulai debutnya pada 3 November 2016 dibawah naungan Media Line Entertainment. The East Light memiliki enam anggota yaitu Lee Seok Cheol, Lee Eun Sung, Lee Seung Hyun, Kim Jun Wook, Jung Sa Gang, dan Lee Woojin.

Pada awal debutnya The East Light tidaklah begitu dikenal meskipun beberapa anggotanya pernah muncul dalam ajang-ajang besar Korea, seperti The Voice Kids Korea yang diikuti oleh Lee Woojin, Jung Sagang, Lee Eunsung, dan juga Produce 101 season 2 yang diikuti oleh Lee Woojin pada tahun 2017, setelah dirinya memulai debut dengan The East Light.

Hingga tahun 2018, grup yang memulai debut dengan single yang berjudul “Holla” ini, belum pernah mendapat nominasi di penghargaan musik apapun. Namun di bulan Februari 2018 lalu, The East Light berhasil menduduki peringkat pertama di situs pencarian Naver.

Hal ini menunjukkan bahwa netizen mulai tertarik dengan grup yang berisi remaja-remaja dengan rata-rata usia 17 tahun tersebut.

2. SF9 (Sensational Feeling 9)

Pinterest.co.uk

SF9 merupakan dance boyband pertama dari perusahan FNC Entertainment. Grup ini memulai debutnya dengan single pertama mereka, Feeling Sensation.

SF9 juga dinaungi oleh label Jepang yaitu Warner Music Japan. SF9 memiliki sembilan anggota yaitu, Kim Youngbin, Kim Inseong, Lee Jaeyoon, Dawon (Lee Sanghyuk), Zuho (Baek Juho), Rowoon (Kim Seokwoo), Yoo Taeyang, Hwiyoung (Kim Young-kyun), dan Chani (Kang Chanhee).

SF9 beberapa kali masuk nominasi dalam berbagai penghargaan musik diantaranya, Best Male New Artist tahun 2016 dalam Mnet Asian Music Awards, Seoul Music Awards tahun 2017 kategori New Artist Awards, Popularity Awards, dan Gaon Chart Music Awards 2017 Kategori Rookie of The Year. Sayangnya SF9 tidak memenangkan penghargaan-penghargaan tersebut.

Namun memasuki tahun 2018, SF9 mulai menarik perhatian netizen terutama penikmat musik KPop dengan MV terbaru mereka yaitu Mamma Mia yang telah ditonton hampir 2 juta kali di YouTube dan SF9 berhasil menduduki peringkat 16 dalam TOP 30 Brand Reputation kategori Boy Group untuk bulan Maret 2018.

3. Golden Child

soompi.com

Golden Child memulai debutnya dengan 11 anggota yaitu Lee Daeyeol, Y, Lee Jangjun, Tag, Bae Seungmin, Bong Jaehyun, Kim Jibeom, Kim Donghyun, Hong Joo-chan, Choi Bomin, dan Park Jaeseok dengan mini album pertama mereka, Gol-cha! Namun pada 6 Januari 2018 lalu anggota mereka, Park Jaeseok meninggalkan grup dan dunia entertainment karena memiliki masalah kesehatan.

Golden Child memulai debutnya dibulan yang sama dengan Wanna One yaitu Agustus 2017. Tidak dapat dipungkiri, kepopuleran ajang survival Produce 101 Season 2 sangat luar biasa sehingga Wanna One, jebolan ajang survival tersebut, mendapat sorotan dimana-mana. Hal tersebut menyebabkan Golden Child kurang mendapat sorotan dikalangan netizen sehingga Golden Child kurang dikenal.

Akan tetapi seiring berjalannya waktu, Golden Child terus menunjukkan kebolehan mereka dalam menyanyi dan menari. Hasilnya, para penikmat musik KPop saat ini mulai melirik boyband asuhan Woolim Entertainment tersebut. Hal ini terbukti dari penghargaan yang didapatkan dari Vlive Awards 2018 kategori Global Rookie Top 5.

4. A.C.E (Adventure Calling Emotions)

onehallyu.com

A.C.E merupakan grup bentukan Beat Interactive, yang terdiri dari lima anggota yaitu Jun, Donghun, Wow, Jason, dan Chan. A.C.E memulai debut pada 23 Mei 2017 dengan single Cactus. Pada masa debutnya, grup ini kurang dikenal meskipun mereka telah mempromosikan lagu debutnya tersebut di panggung SBS MTV The Show.

Pada 18 Oktober 2017 anggota mereka, Jun dikabarkan bergabung ajang survival KBS The Unit, disusul oleh Chan yang juga bergabung dengan ajang survival tersebut, sebelum mereka melakukan comeback album single kedua yang bertajuk Callin’. Sementara itu Donghun, Wow, dan Jason bergabung dengan survival Mixnine yang diadakan oleh YG Entertainment.

Banyak netizen mengatakan bahwa, A.C.E telah berhasil memperoleh banyak dukungan karena kebolehan dan bakat yang mereka tunjukan dalam dua ajang survival besar tersebut. Para penikmat musik KPop pun mulai melirik lima pria berbakat tersebut, bahkan baru-baru ini tiket Global Fan-Con A.C.E “Sweet Fantasy” berhasil terjual hanya dalam waktu lima menit.

Writer

Via Jung

Nothing Special

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya