TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Alasan Mengapa BTS Sangat Digilai di Amerika Serikat

#BTS berhasil menyihir penonton Billboard Music Awards 2018

Semakin hari grup KPop BTS semakin melejit saja, tak hanya di Korea Selatan namun juga di Amerika Serikat. Berawal dari video klip yang viral, RM dan kawan-kawan sekarang rajin tampil di berbagai acara televisi di sana.

Mereka juga kerap mengisi panggung sejumlah event musik internasional. Yang terbaru, BTS tampil memukau di panggung Billboard Music Awards 2018. Sambutan untuk mereka luar biasa, bahkan para artis lokal seperti Kelly Clarkson dan Tyra Banks ikut terperangah.

Penasan gak mengapa grup dari agensi kecil ini bisa menguasai pasar barat? Padahal sudah pernah ada beberapa grup KPop dari agensi raksasa yang pernah mencoba dan gagal. Kurang lebih inilah 7 alasannya.

1. Lagu-lagunya fresh, unik dan catchy bagi pasar Amerika Serikat

Instagram.com/bts.bighitofficial

BTS bagaikan angin segar di dunia musik Amerika Serikat. Meski tergolong unik, namun warna musik mereka juga tak benar-benar asing di telinga internasional sehingga catchy dan mudah terngiang-ngiang.

BTS kerap memadukan melodi khas KPop dengan irama hip hop, techno dance, atau dubstep yang sedang naik daun. Tak heran, meski lirik mereka dalam bahasa asing namun musik mereka tetap mudah diterima oleh para pendengar mancanegara.

2. Penampilan live memukau ditunjang kemampuan dance yang di atas rata-rata

Instagram.com/bts.bighitofficial

Selain mampu tampil prima secara live, mereka juga kerap mengejutkan penonton dengan kualitas koreografi dance yang memukau. Zaman sekarang, tak banyak boyband barat yang menyajikan pertunjukan vokal dan tarian karismatik seperti yang berhasil BTS tampilkan.

Kesan serba bisa dan super menghibur ini tentu jadi nilai plus dalam penerimaan pasar internasional terhadap Jimin dan kawan-kawan. Pertunjukkan panggung mereka selalu dinanti-nanti, contohnya saat Billboard Music Awards 2018 tadi pagi.

3. Berbakat, BTS turut serta dalam mencipta & memproduseri sebagian besar lagu mereka sendiri

Instagram.com/bts.bighitofficial

BTS juga membuktikan bahwa mereka tak sekadar wajah-wajah tampan yang menjadi boneka agensi. Para member kerap turun langsung dalam menciptakan dan memproduksi lagu dan album-album mereka.

Konsep artis yang punya free will dan andil dalam setiap karyanya ini sangat menarik bagi pasar barat. Mereka kerap meremehkan idola yang terkesan tak organik dan bukan seniman, melainkan hanya produksi dari agensi saja.

Baca juga: 10 Potret Seru Kesibukan BTS di Amerika, BBMA Hingga Bertemu Zedd

Tak sedikit tembang BTS yang membahas isu penting seperti pendidikan, materialisme, tekanan sosial, atau pergulatan yang dihadapi seseorang saat tumbuh dewasa. Isu-isu ini sifatnya global dan bisa dipahami siapa pun di seluruh dunia.

4. Liriknya bukan kisah picisan, BTS kerap membahas isu-isu penting yang juga relevan di dunia internasional

Instagram.com/bts.bighitofficial

Satu lagi yang membedakan BTS dengan banyak grup KPop lainnya, lagu-lagu mereka berkarakter. Bukan sekadar kisah cinta dan romansa melulu.

5. Marketing yang bagus, banyak konten BTS yang bisa diakses via internet. Komunikasi dengan fans juga lancar

www.youtube.com

Di era digital ini rugi kalau tidak mengoptimalkan dunia maya sebagai sarana promosi. Itulah yang berhasil dilakukan BigHit, konten-konten BTS diunggah secara konsisten dan memenuhi rasa penasaran para fans.

Jarak tak lagi menjadi kendala bagi penggemar internasional. Fans juga bisa melihat sisi lain dari para cowok ganteng ini di belakang gemerlap panggung. Tak hanya itu, sosial media BTS juga dikelola dengan baik dan selalu memberikan informasi terkini bagi para pengikutnya.

6. Mereka didukung oleh salah satu fanbase terganas di dunia: Army

Instagram.com/bts.bighitofficial

Bicara soal kesuksesan selebriti tentu tak lepas dari peran serta para penggemarnya. Begitu pula BTS dan "pasukannya" yang disebut Army. Fanbase BTS ini tersebar luas di seluruh dunia dan selalu setia mendukung kegiatan apa pun yang mereka lakukan.

Ada voting untuk mendapatkan penghargaan? Army udah siap mengerahkan tenaga mereka untuk mendukung Jungkook dan kawan-kawan. Fanbase yang kokoh ini juga membantu BTS lebih cepat dikenal oleh orang-orang baru.

Baca juga: 10 Momen Seru BTS di Billboard Music Awards yang Bikin Army Bangga

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya