Aktivis berjuang melalui demo, penulis berjuang melalui tulisan, musisi berjuang melalui musik. Mereka semua bersuara dengan caranya masing-masing. Hasilnya pun tidak pernah sama. Ada yang mengkritik, ada yang memberi saran. Namun semuanya memiliki tujuan yang sama: untuk membangun dunia ini.

Berikut ini ada enam lagu rekomendasi yang bisa didengarkan untuk mengingatkan kembali pentingnya cinta kasih. Kamu bisa menyebarkannya kepada teman-temanmu untuk menyampaikan pesan-pesan positif.

1. John Lennon & The Plastic Ono Band (with the Flux Fiddlers) – Imagine

Loading video...

Sudah lebih dari dua dekade lagu ini ada, akan tetapi pesannya masih relevan hingga sekarang. John Lennon menciptakan musik ini sebagai bentuk impiannya akan dunia yang tidak mengenal perang ataupun perselisihan melainkan hanya kedamaian yang ada di sekitar kita.

Tentu saja Lennon sadar utopia tersebut mustahil untuk diwujudkan tetapi selama ada orang yang menginginkannya, maka kedamaian pasti akan ada. Imagine there's no heaven / It's easy if you try / No hell below us / Above us only sky / Imagine all the people living for today.

2. The Cranberries – Zombie

Loading video...

Tidak ada yang lebih menjadi korban dari sebuah perselisihan selain seorang ibu dan anak-anak. The Cranberries sadar akan hal itu dan membuat lagu ini untuk memberikan kesadaran kepada dua belah pihak yang berseteru, khususnya yang memulai.

Terinspirasi dari kematian Johnathan Ball dan Tim Parry yang terbunuh akibat pengeboman IRA di Warrington, The Cranberries meramu Zombie menjadi lebih grungee ketimbang lagu-lagu miliknya yang lain.

3. Black Sabbath – Children of The Grave

Loading video...

Tidak semua yang berada di tengah-tengah perselisihan selalu berduka. Ada pula yang marah akan semua itu. Black Sabbath menjadi medium yang cocok untuk menyampaikan perasaan tersebut. Dengan gaya musik yang berat dan gelap, Black Sabbath memberikan sebuah peringatan dan pengingat untuk generasi masa depan.

Tampak mencekam memang, tetapi liriknya sejujurnya penuh cinta kasih. So you children of the world / Listen to what I say / If you want a better place to live in / Spread the word today / Show the world that love is still alive, you must be brave / Or you children of today are / Children of the grave, yeah!

Baca juga: Bikin Pengalaman Musikmu Berkesan dengan 5 Hal Anti Mainstream Ini

 

4. Edwin Starr – War

Loading video...

Tidak perlu dijelaskan lebih lanjut, kamu pasti akan paham ketika mendengarkan lagu ini untuk pertama kali. Edwin Starr secara gamblang mengatakan bahwa perang itu tidak baik, hanya menyengsarakan, hanya menghancurkan jiwa-jiwa yang tidak bersalah.

Dengan gayanya yang funk/soul dan terkesan ceria, beat-beat-nya akan membuatmu nyaman dan ingin menelusuri lebih lanjut mengenai lirik-liriknya.

5. The Black Eyed Peas – Where is The Love?

Loading video...

The Black Eyed Peas menggarap lagu damai ini setelah tragedi 9/11 yang terjadi di Amerika. Mereka mempertanyakan di manakah cinta ketika semua orang saling berseteru karena hanya memikirkan diri mereka masing-masing tanpa memikirkan sekitarnya.

Pada tahun itu lagu ini menjadi sangat populer dengan ditunjukkannya lagu Where is The Love? Hampir selalu menduduki posisi puncak music chart mingguan yang diadakan berbagai radio.

6. Michael Jackson – Heal The World

Loading video...

Harusnya kamu tahu lagu ini karena sering dijadikan bahan dagelan oleh Sule dan Andre. Lucu memang karena lagu ini sangat populer dan memorable banget, tetapi lagu ini memang tidak perlu diperdebatkan kualitasnya.

Dengan pesan seperti Heal the world / Make it a better place / For you and for me / And the entire human race, Michael Jackson meminta kita untuk saling menolong dan membantu satu sama lain karena tak ada yang lebih indah ketimbang individu sang saling bekerja sama untuk memperbaiki dunia ini.

Baca juga: Punya Selera Musik yang Tinggi? Ini 5 Fakta Musik yang Wajib Diketahui